Erwin Harahap

do Now or Never

Seputar komentar pada proses perkuliahan Petruk dan Alpro

Posted by Erwin on October 29, 2007

Mohon jangan banyak tugas …

Baik, untuk perkuliahan setelah UTS, tidak akan ada lagi tugas. Mungkin saya rubah menjadi latihan take home untuk dibahas pada pertemuan berikutnya. 

Pak, kalo udah satu mata kuliah, mohon istirahat sebentar minimal 10 menit. lelah …

Baik, selesai satu mata kuliah, break 10 menit. 

Your explanation sometimes makes me confuse 

be interactive please …  

Pak, bagaimana kalau contoh-contohnya jangan hanya angka-angka saja, misalnya program sederhana pertokoan, perpustakaan, dll …

Baik, saya akan coba untuk contoh lain selain angka … 

Replay bos … !! supaya dapat dimengerti …

Please, I say it again …. be interactive … you can make interupt or something … if you are silent or do nothing, I’ll thought that you’ve understand the subject

Slow down …

Please, be interactive … warn me if I to fast in giving explanation …

Modul nya pak … jangan lupa ya …

Alright all of my dearests students, I’ll try to prepare it before lecture …

Pak, yang semangat dong … kita jadi ikut males liat bapak gak semangat …

Perasaan saya sudah di puncak semangat deh …

Capek Pak …

Ya … kita semua juga capek. Mungkin inilah yang namanya hidup. Capek karena kita berusaha mengejar sesuatu. Barangkali kalau apa yang kita harapkan telah tercapai, kita akan lupa dengan rasa capek ini.

Saya masih kurang faham mengenai contoh satu kasus

Baik. Pada setiap session perkuliahan, saya selalu menyediakan waktu bagi siapa saja yang merasa kurang faham. Jadi sebaiknya mahasiswa aktif bertanya. Saya akan dengan senang hati mengulangi materi yang kurang difahami.

Could you please send the module again, because I didn’t see and received the module anymore either on wordpress and millist, like i used to

I must take my apologize to all of you because of my busy time. I try to upload it again.

Pak, koq bawaan kuliahnya ngantuuuuukkk aja … becanda kek .. apa kek .. biar gak BT gtooo …

Waduh gimana ya … mustinya minum obat kuat dulu gitu ya biar gak ngantuk, atau anda boleh lah
bawa semacam cemilan, botol minuman (air mineral maksudnya …), permen, atau lainnya biar gak ngantuk.
Yang namanya kuliah jam 17.00, apalagi tenaga udah abis terkuras dari pagi hingga sore, pastinya ngantuk.Kalo bercanda, .. becanda apa ya …. wah saya agak gaptek dibidang yang satu ini, kali harus kursus ama grup
extravaganza, atau pake topeng si tukul. Cobalah untuk aktif, bertanya, berpendapat, mengkritik atau apapun.
sebagai usaha untuk menghilangkan ngantuk.

Mohon materi perkuliahan diserahkan sebelum perkuliahan agar mahasiswa
bisa memahami lebih dulu.

Selama ini saya memang sudah berusaha sejak dari awal untuk menyerahkan materi perkuliahan yang akan
dibahas. Memang seringkali agak telat. idealnya kan pada saat akhir perkuliahan, saya menyerahkan materi per-
kuliahan untuk minggu depan. Tetapi karena kesibukan, kadang saya baru bisa selesai membuat handout paling 
cepat 3 hari sebelum perkuliahan, bahkan seringnya dua atau satu hari sebelum pelaksanaan kuliah.Sebetulnya materi itu semua sudah ada dibuku. Saya sudah buatkan SAP nya jadi materinya sudah tersesun
sistematis. Anda tinggal membaca nya di buku. Saya membuat handout tujuannya agar arah perkuliahan terfokus
jadi pelaksanaannya bisa efektif dalam 1,5 jam. Adalah hal yang tidak mungkin menyampaikan seluruh materi
pada satu bab tertentu yang terdapat pada buku. Saya tidak menyarankan anda untuk belajar dengan referensi pada 
handout yang saya buat, tapi sebaiknya mengacu kepada buku pegangan yang sudah disepakati.

Tolong to the point saja dalam mengajar, jangan bertele-tele …

Saya berusaha memberi gambaran sejelas mungkin dan (sebetulnya) sesingkat mungkin. tidak adak maksud untuk
bertele-tele atau mengulang-ngulang hal-hal yang tidak perlu. Bagi yan sudah cukup menguasai materi ini pasti
akan merasa kalo materinya memang membosankan, akan tetapi belum tentu bagi yang belum pernah mendapat-
kan materi ini. Saya menganggap dalam kelas saya, semua orang belum pernah menerima materi yang akan
disampaikan dan saya memulainya dari nol semua.

Pak … Koq minta komentar terus seehhh … bosen jadinya ….

Komentar memang disediakan bagi mereka yang  akan mengisinya.  Jadi kalo bosan .. tinggal lewat aja …
it’s simple ….   
Kebagian waktunya cuman dikit …ya, ini memang resiko yang harus diambil karena waktu perkuliahan yang kurang bagus. Saya insya Allah
selalu berusaha untuk datang tepat waktu, dan kadang selalu berusaha memperpanjang waktu di akhir perkuliahan.
masalahnya adalah pada saat jeda sholat maghrib, sehingga waktu otomatis menjadi berkurang.
Jika diperlukan, kita bisa membuat suatu kesepakatan agar waktu perkuliahan bisa penuh 1,5 jam.
Sepertinya setiap saya melihat ekspresi wajah bapak selalu terlihat muram, lesu dan ngantuk ….
mungkin karena kita kelas sore …. keep smile please …
Begitu ya … perasaan gak begitu deh … kali perlu support ya dalam beberapa hal seperti menjawab ketika saya bertanya, memberi respon ketika saya meminta, sehingga terjadi respon dua arah yang membuat suasana kelas menjadi hidup dan dinamis, ya … apalagi kalo ditambah support lainnya seperti batagor panas, Mie baso pedas,
plus air jeruk dingin … termasuk cemilannya … insya Allah … I’ll Always Smile …. 
Semoga LCD nya selalu ada hingga akhir semester perkuliahan …

Saya sangat appreciated for whoever yang telah dapat menyediakan perangkat ini. Anda sudah rela berkorban
untuk kita semua. Jangan khawatir, setiap perbuatan baik, akan selalu mendapat balasan yang jauh lebih baik.

Kayaknya bapak lebih enak ngajar di jam kedua, kayaknya lebih semangat, informasi yang
disampaikan kayaknya lebih Oke …

Sebetulnya tidak juga. Yang membuat suasana meriah adalah kalian sendiri. Kebetulan saja saat itu mood kelas kedua
legi bagus, jadi berkesan lebih … and lebih …. Mau bukti … coba sewaktu-sewaktu ikuti kuliah saya di jam kedua.
(split gitu loh maksudnya…) saya tidak membedakan kedua kelas. dua-duanya adalah kelas yang saya bangga-kan …

Saya suka mata kuliah ini tapi kenapa koq AC-nya gak jalan-jalan …

Iya ya … kayaknya AC nya harus dikasih kaki biar bisa jalan …. 

Pak, kenapa setiap bapak mengajar algoritma, suasanyanya selalu gak enak, perasaan
letiiiiiiiii…….hhhhhh pak ….

Kayaknya saudara belum makan, jadinya letih … coba lain kali makan dulu sepuasnya dan cari kecengan di kelas,
dijamin deh, diperkuliahan berikutnya pasti semangat ….. 

Tolong, banyakin contoh soal …

Saya agak worry jika membahas terlalu banyak soal, karena waktu yang sangat terbatas. Akan lebih baik jika anda
mepelajari materinya terlebih dahulu yang ada dibuku dan mencoba beberapa contoh latihannya. Apabila ada
masalah atau kesulitan, kita bisa diskusikan dikelas.

Kalau bisa, jangan dulu ada tanya jawab sebelum materi perkuliahan dibahas …

Oke, saya setuju. kita coba di perkuliahan yang akan datang. 

Jangan teori terus pak, praktekin biar kita-kita mudah mengerti dan ada gambaran

Oke, masalahnya praktek harus menggunakan komputer, syukurlah di salah satu kelas ada LCD, dikelas lainnya
belum ada LCD jadi agak susah mempraktekannya. 

3 Responses to “Seputar komentar pada proses perkuliahan Petruk dan Alpro”

  1. eka said

    Menurut pendapat saya tentang proses belajar mengajar bapak cukup mengasikan dan santai engga seperti dosen yang lain begitu datang langsung nulis suasana nya membosan kan apa lagi kalo dosen nya engga bisa di ajak bercanda..:-) saran saya sich pertahankan cara proses belajar mengajar bapak,kalo ngantuk sich emang karena Ac nya didak pernah dihidupkan.
    Oh iya pak saran saya file-file Logika dan Algoritma di lengkapi seperti file flowchart dan notasi algoritmanya.

  2. saimin said

    Terima Kasih untuk Bpk. Erwin Harahap yang telah memberikan atensi dan perhatiannya untuk kelas karyawan khususnya MIF-K31/07 dan terima kasih juga telah menerima masukan kritik dan saran dari kami, semoga dari kritik dan saran ini bisa membuat kita menuju ke jenjang yang lebih maju dan sukses Amin… terima kasih juga telah meng-Up_load materi kuliahnya melalui email Terima kasih banyak pak ini sangat membantu sekali untuk kami…

  3. hendri said

    Pa tolong kasih contoh desain buttom-up dan desain modulus. soalnya saya kemarin kurang memahami

Leave a Reply

 
