Erwin Harahap

do Now or Never

Lab Komputasi Matematika

Posted by Erwin on February 6, 2008

Latar Belakang Rapat Evaluasi Lab

  • Kurangnya koordinasi asisten lab
  • Kurangnya tanggung jawab asisten lab
  • Kurangnya kekompakan asisten lab
  • Kurangnya rasa memiliki lab
  • Kurangnya kreativitas
  • Kurang semangat

Tujuan

  • Evaluasi keberlangsungan lab
  • Peningkatan tanggung jawab dan rasa memiliki lab
  • Peningkatan kualitas fungsi lab
  • Peningkatan kualitas asisten

Tata Tertib Lab

  • Dilarang membawa makanan dan minuman
  • ke dalam Lab Matematika
  • Buanglah sampah kertas dan lainnya ke tempat sampah yang tersedia
  • Pada saat kegiatan praktikum, siapa pun tidak diijinkan memasuki ruangan lab kecuali Asisten
  • Peserta praktikum dilarang menggunakan internet pada saat kegiatan praktilum
  • Internet hanya digunakan untuk mendukung kegiatan perkuliahan, praktikum, dan hal-hal lain yang mendukung pada peningkatan kualitas akademik, daya nalar, pengetahuan dan kreativitas. Internet dilarang digunakan untuk hal-hal yang bersifat negatif.

Aturan pelaksanaan Praktikum

  • Hadir tepat waktu
  • Waktu pelaksanaan praktikum 2-3 jam
  • Modul tersedia diawal praktikum
  • Praktikan mengisi daftar hadir

Tugas kepala lab

  • Bertanggung jawab atas segala pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan lab matematika

Tugas asisten praktikum

  • Hadir 30 menit sebelum praktikum dimulai
  • Menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan mata kuliah praktikum
  • Membuat daftar hadir dan mempertanggungjawabkannya
  • Disiplin
  • Bersikap tegas

Tugas asisten lab

  • Menjaga kebersihan
  • Jobdes : membersihkan debu
  • Memelihara lab
  • Memiliki jadwal kehadiran di lab

Saran, Usulan, Kritik

  • Tata tertib tidak dilakukan sebagaimana mestinya
  • Lab cenderung tidak diurus dengan baik
  • Fasilitas kurang
  • Friendster bebas
  • Perbaikan atribut lab
  • Asisten praktikum lebih dari 1 orang
  • Membentuk team
  • Membuat kotak saran
  • Angket : Pemahaman 1 sks
  • Yang menegur pelanggaran
  • Data base menggunakan SQL
  • Tembok dicat ulang
  • Studi banding antar lab

Asisten Lab Matematika

  • Fajar Arif Maryadi, S.Si.
  • Zalfrie Januardi
  • Wendi Maulana
  • Mutiara Putri Maharani
  • Hamdan Ramdhani
  • Ani Muthiah Permata
  • Wita Rosita
  • Ridhayansyah

Parameter ke-aktif-an

  • Kehadiran
  • Pelaksanaan tugas intern asisten
  • Asistensi praktikum
  • Keahlian
  • Kreatifitas
  • Karya

Jadwal rapat lab berikutnya

Rabu 13 Februari 2008, jam 10.00 – selesai

One Response to “Lab Komputasi Matematika”

  1. Zalfrie said

    pak, galak amat……iya sih pak, sejak pak elyas ga ada dan temen2 deket pada ilang, saya ngerasa kurang semangat buat praktikum.,,saya pribadi lebih bersalah kepada bapak dan anak2 yang praktikum…bagi saya kata2 bapak merupakan teguran kesadaran bagi diri saya,,tapi semua saya balikin lagi ke bapak,,klo nanti saya masih begini saja,saya siap buat dipecat (kasarnya),,,btw pak, kok saya ga diisi kegunaan software yang saya kuasai,,,saya kuasai matlab,maple,mathematica 5 dan 6, macromedia dreamweaver, latex, friendster, facebook, HTML (kan kita satu tim pak buat web mipa,masa lupa…he2), programming java, database…pak, saya bener2 kangen suasana lab dulu,,makasih ya pak, bapak udah saya anggap bapak saya sendiri sejak pak elyas ga ada…

    My Respond :
    Bukannya galak frie … (perasaan sy gak pernah galak deh … ) tapi ini hasil rapat lab senin kemarin …, kita udah sepakat untuk saling terbuka. Tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan kualitas kita-kita juga. Bukan saya loh yang menilai hasil praktikum, tapi hasil rapat kemarin. kalo memang ada hal yang salah, baik juga kita diskusikan duduk permasalahannya. Sebenarnya, semua peristiwa yang terjadi, kembali menjadi bahan “instrospeksi” saya, bahwa selama ini ternyata saya kurang bisa mengawasi jalannya semua kegiatan di lab. Respon seperti ini sebenarnya yang saya harapkan sehingga kita dapat memperbaiki semua kekurangan kita. Ini bukan hanya untuk saya atau zalfrie, tapi juga sebagai bahan instrospeksi untuk semua asisten, bahwa selama ini mereka belum mendapat respon, maka mungkin saja respon yang sama harus mereka dapatkan atau bahkan lebih buruk dari ini.

    Untuk masalah kemampuan hardware software, memang belum dimasukkan karena itu berdasarkan rapat. Kita akan update semua informasi pada rapat lab berikutnya, hari rabu 13 Feb 2008 Pkl. 10.00 bertempat di labmat.

Leave a Reply

 
