Erwin Harahap

do Now or Never

Komentar seputar perkuliahan OSK

Posted by Erwin on February 26, 2008

Alat peraga salah satu kunci kesuksesan ata kuliah ini …

Baik. saya memahami hal ini dan saya akan coba  sediakan alat peraga.

12 Taun sekolah Semua juga tahu kalo teori tuh bikin ngantuk !!

Pak, barengin donk teori sama prakteknya ….

Pahami dulu teori (awal) nya, baru kita praktek … OK … 

Praktek Pak!
yang penting praktek, tar juga ngerti sendiri materinya.
Buktinya aja banyak penjaga warnet yang lebih ngerti komputer dibandingkan mahasiswa …

Gimana bisa praktek kalo teori nya saja gak ngerti ….

Betul … selama belum bisa memahami teorinya,
maka selama itu juga kita belum bisa laksanakan prakteknya …

Pak, kapan bedah komputernya …

Insya Allah kira2 mulai awal april 2008 

Pak, modul yang minggu kemarin donk …

Ok, yang paling baik adalah serahkan perangkat penyimpan data anda kepada saya. Saya akan copy file tutorialnya. 

Modul yang dikasih koq beda ama yang diterangin ya pak ….

OK, ada kesalahan teknis ….
saya kira bisa dengan cepat menyelesaikan materi yang tertinggal minggu kemarin …
Ternyata tidak semudah yang dikira …
Mungkin saya harus menganggap bahwa kita semua betul-betul “BLANK” dari awal dalam memahami komputer

Ya ampuuunn … apaan tuh semua ….

Mohon terangin kata-kata asing …

Ngantuk  … terlalu cepet …

Ok. kita perlambat. Masalah ngantuk, mohon urus masing-masing …

Pak … kadang bahasanya kurang dimengerti …

Ok. Istilah di komputer memang untuk beberapa kategori malah rancu apabila di indonesia kan.
Misalnya
interface=hubungan? atau bus=bis?? CPU=pemrosesan pusat?? link=kaitan??    download=unduh?? … dll
kan jadi aneh … nah sebaiknya biasakan dengan istilah yang memang semesti nya.
 

Kurang kosentrasi coz sibuk nyatet …
Terlalu cepet pak …

Sebaiknya  catat yang penting2 saja. Materi utama download via blog

Pak, banyak tahu … tapi juga banyak lupa …
Cepet banget …

Mulai minggu depan, tempo tutorial perkuliahan saya perlambat banget …

Pak, Butuh Modul

Ok. Saya akan percepat penyediaan modul 

Waktu penyampaian meteri sebaiknya pake musik yg mellow,
biar gak terlalu suntuk atau bosen …

Kalo pake lagu mellow, apa nanti gak tambah ngantuk ? 

Mohon cara penyampaian materi lebih mudah lagi …

Ok. Saya akan permudah cara penyampaian materi nya. 

Cape, panas, ngantuk, laper …

Mungkin sebaiknya sebelum perkuliahan dimulai, persiapkan dulu segala sesuatunya. Termasuk makan siang. 

Neranginnya terlalu cepat

Ok. saya akan coba perlambat. 

Materi hari ini kurang dapat dipahami

Ok. Setiap pertemuan perkuliahan saya akan coba review perkuliahan sebelummnya.
Dan sebelum perkuliahan dimulai, jauh-jauh hari saya akan coba siapkan materi nya.
Mudah-mudahan perkuliahan berikutnya dapat lebih mudah dipahami. 

Dibanyakin lagi diskusinya …

Loh .. waktu saya kasih waktu diskusi, gak ada yg mau tanya tuh …. 

Waduh acara perkuliahannya koq bentrok ama acara dibawah …

Gak apa-apa, anggap saja ketika sedang kuliah, kita menghadapi bencana alam yang sangat “dasyat”,
tetapi walau badai melanda, gangguan menghadang, kita tetap belajar demi masa depan. Betul gak ?

Kasih modul pembelajaran donk pak …

Modul pembelajaran aka selalu saya sediakan paling lambat 3 hari sebelum perkuliahan dimulai.
Modul bisa di upload di https://erwin2h.wordpress.com. pada bagian Organisasi Sistem Komputer. 

Kurang konsen karena ngantuk. Ga bisa dikompromi dalam diriku he .. he ..

kan ada break 10 menit, lumayan lah buat tidur dulu

Baru za masuk udah pusing ama materinya, pada asing banget materinya …

Sebenarnya gak akan asing kalo kita sudah mengetahui nya 

Pertamanya asik, koq lama-lama jadi ngantuk …

Untuk mengurangi rasa ngantuk, saya ijinkan kedalam kelas untuk membawa air minum atau permen

Materinya kelamaan …

Alokasi waktu kita sebenarnya 3 sks, artinya 3 * 50 menit = 2 jam 30 menit.
in real time, kita mulai jam 12.30 (kadang telat) dan berakhir jam 3 (kadanglebih).
jadi ya … cukup lah.
Emang selama ini perkuliahan yg laen (3 sks) berapa lama ?

Pindah jam jadi pagi …

Boleh aja, silahkan diskusikan dengan bagian akademik.
Saya insya Allah setuju hari apa pun, kecuali hari minggu & hari libur nasional tentunya.

Buku panduannya apa gak ada yg laen …

Buku panduan untuk sementara saya ambil yang tanenbaum edisi indonesia. Bahan lainnya saya ambil dari internet.

Materinya kayaknya cocoknya buat cowok deh pak …

Enggak juga, pengetahuan mengenai komputer saat ini malah wajib untuk laki-laki maupun perempuan 

Leave a Reply

 
