Erwin Harahap

do Now or Never

Penelitian Dosen Muda dan SKW

Posted by Erwin on March 31, 2008

Penelitian Dosen Muda dan Studi Kajian Wanita (SKW) adalah salah satu skim penelitian yang ditawarkan DP2M Dikti yang diarahkan sebagai program pembinaan calon peneliti. Skim ini ditujukan untuk mengembangkan kemampuan dan kepekaan meneliti. Pengusul PDM & SKW adalah dosen yang belum memperoleh gelar Doktor, atau belum memperoleh jabatan akademik Lektor Kepala. Khusus untuk SKW diperbolehkan bergelar Doktor atau memiliki jabatan akademik Lektor kepala, asalkan pengusul tidak berasal dari bidang SKW. Dana yang diusulkan adalah maksimum Rp. 10.000.000,00 dan tidak diperbolehkan memasukkan post honorarium, apapun bentuknya. Waktu pelaksanaan penelitian adalah satu tahun dan setiap dosen hanya diperbolehkan mengajukan usulan ini sebanyak dua kali.

Apabila proposal usulan penelitian DM & SKW disetujui, maka setelah melakukan penelitian, peneliti diminta untuk menyusun laporan hasil penelitian, draft artikel ilmiah dari penelitian yang dilakukan untuk dimuat dalam jurnal atau media publikasi lainnya yang diakui, dan proposal penelitian untuk program yang lebih tinggi, misalnya Hibah bersaing, Pekerti, atau penelitian yang akan diajukan ke instansi selain Dikti.

Program penelitian DM & SKW diarahkan untuk pembinaan dosen agar mampu menjadi seorang peneliti yang mandiri. Karenanya, pada program ini, tidak ada keanggotaan penelitian yang berkedudukan sebagai : pengarah, pembina, pembimbing, koordinator, penanggung jawab, konsultan , dan sebagainya. Demikian juga tenaga pembantu peneliti, tidak diperlukan.

Sistematika Usulan

Sistematika proposal usulan penelitian DM dan SKW adalah sebagai berikut :

  1. Pendahuluan
  2. Perumusan Masalah
  3. Tinjauan Pustaka
  4. Tujuan Penelitian
  5. Metode Penelitian
  6. Jadwal Pelaksanaan
  7. Personalia Penelitian
  8. Biaya Penelitian
  9. Lampiran-lampiran

Acuan Penelitian DM & SKW

Program DM dan SKW, bertujuan untuk pembinaan bagi peneliti muda. Yang dimaksud muda dalam hal ini adalah tidak melulu muda dilihat dari segi usia, tetapi lebih kepada belum memperoleh gelar doktor atau belum memiliki jabatan akademik lektor kepala. Tema penelitian bebas, disesuaikan dengan spesialisasi dosen atau bidang yag ditekuni, dan disarankan berkaitan dengan mata kuliah. Tim peneliti maksimum berjumlah 3 orang yaitu satu orang ketua dan 2 orang anggota. Pengusul adalah dosen yang belum berpengalaman dalam memperoleh dana kompetisi.

***
Sumber :
Kisi-kisi program dan Usul Penelitian Sumber Dana DP2M
Oleh : Dr. Ir. Yuli Hariyati, MS.
ToT Terpusat Metodologi Penelitian DP2M Dikti
Bandung, 25-27 Maret 2008
http://www.dp2m-dikti.net/

2 Responses to “Penelitian Dosen Muda dan SKW”

  1. caktyk said

    Salam,

    Pak Erwin boleh tanya ? Bisa minta penjelasan perancangan anggaran dana (ada contoh?) ? Masih belum seberapa paham dengan aturan dari DIKTI itu. Terima kasih.

    caktyk

  2. NUR ANIM JAUHARIYAH, S.Pd. said

    Assalamu’alaikum wr.wb….
    Saya dosen muda di STAIDA Blokagung Banyuwangi. Saya sekarang masih study S2 melalui Program BPPS di UNEJ Jember. Banyak sekali hal yang dapat diteliti di daerah saya baik dari kehidupan ekonomi maupun sosialnya. Namun memang kelemahan saya adalah kurangnya mengakses informasi tentang tata cara penulisan proposal dan dimana saya bisa mendapatkan informasi mengenai waktu dan persyaratan penelitian tersebut. Terima kasih….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: