Erwin Harahap

do Now or Never

Pengalaman kehilangan uang di ATM bank BNI

Posted by Erwin on July 3, 2008

Ini adalah pengalaman saya yang paling buruk selama melakukan transaksi penarikan uang melalui ATM BNI. Pada awal bulan April 2008. Saya bermaksud menarik uang melalui ATM BNI Universitas Islam Negeri Bandung (IAIN Sunan Gunung Jati) Cibiru, Bandung.

Waktu itu malam hari sekitar pkl. 19.30, saya mulai mengantri. Keadaan biasa saja, tidak ada yang aneh. Nah, pada saat itulah, ketika tiba giliran saya, seperti biasa saya masukkan kartu, masukkan pin, kemudian saya pilih saldo sebelum akhirnya saya memilih penarikan tunai sebesar 1 juta rupiah. Saya pikir, ribet juga kalo diambil sedikit-sedikit. Seperti biasa mesin berbunyi tanda bekerja, tangan saya siap mengambil sejumlah uang di tempat keluaran. Setelah beberapa lama, tiba-tiba suara mesin berhenti, sunyi, sekilas saya lihat monitor display ATM berkedip sesaat. Saya agak curiga, mesin ATM langsung diam/beku/”hang” tombol apapun ditekan tidak ada respon, kecuali tombol “cancel”, yang mengakibatkan kartu ATM saya keluar dari mesin ATM.

Saya tidak banyak berpikir, saya masukkan kembali kartu ATM dengan maksud untuk mengulangi transaksi yang gagal. Toh, saya cukup sering juga mengalami hal seperti ini di mesin ATM BNI, dan tidak ada masalah. Sebelum melakukan penarikan, penasaran saya masuk kembali ke saldo rekening.

Tiba-tiba, saya sangat kaget, dan mulai panik. Pada tampilan monitor ATM, saldo saya ternyata telah berkurang sebesar 1 Juta rupiah, padahal uang tidak saya terima, slip print out pun tidak keluar. Saya berpikir keras dan bolak-balik menekan tombol ATM, berharap uang kembali kepada saldo semula. Antrian diluar ATM mulai cukup panjang dan mulai mengetuk-ngetuk pintu tanda tak sabar. Akhirnya saya keluar dan menjelaskan pada orang-orang di luar bahwa saya terkena musibah. Orang-orang yang mengantri cukup memahami dan mulai mencari mesin ATM lainnya. Tetapi ada beberapa orang bertahan dan salah seorang diantaranya mencoba nekad melakukan melakukan penarikan tunai. Walhasil, dia berhasil menarik uang nya, yang lain pun mencoba dan berhasil juga. Dengan kata lain, kegagalan transaksi ATM hanya terjadi pada saya !!

Saya saat itu sangat panik dan mulai khawatir. Saya langsung kontak nomor telepon yang ada di pintu ATM dan sungguh mengesalkan, yang menjawab adalah mesin penjawab telepon. Saya tutup telepon dan saya coba nomor lainnya, tapi tidak aktif. Saya coba berkali-kali, akhirnya saya menyerah dan menelpon pada nomor dengan mesin penjawab. Cukup lama saya dengar petunjuk “mail box” teleponnya BNI, sampai akhirnya ada pilihan untuk “berbicara dengan operator”. Saat itu saya agak merasa lega. Diujung sana seorang CS (customer service) perempuan menerima saya dengan ramah, dan meminta penjelasan saya.

Saya sampaikan secara detail peristiwa kegagalan atau tepatnya “pengambilan secara tidak langsung” mesin ATM BNI. Dengan ramah dan “tenang sekali”, Ibu CS tersebut mengatakan bahwa, keluhan akan segera diproses. Saya mulai bingung dan bertanya, lalu uang saya bagaimana?, jawabannya adalah menunggu analisis data kerusakan ATM.

OK, analisis data bla .. bla .., Lalu bagaimana dengan uang saya ?

Dia menjawab bahwa biasanya peristiwa ini terjadi karena masalah jaringan. Jadi apabila “MEMANG” ada kerusakan ATM, uang bapak akan dikembalikan paling cepat selama empat belas hari kerja.

“EMPAT BELAS HARI KERJA” !!!, saya mulai bingung dan berpikir, tidak mungkin keluarga saya dirumah tidak makan/ minum selama “EMPAT BELAS HARI KERJA” !!, tukang kredit yang biasa menagih, tagihan telepon, Listrik, Gas, biaya sekolah dan utang-utang lainnya mana mau mereka menunggu hingga “EMPAT BELAS HARI KERJA” !!, belum lagi dibubuhi kata-kata “PALING CEPAT” dan yang paling menyakitkan adalah kata-kata “KALAU MEMANG ATM-nya YANG RUSAK”!! artinya masih ada kemungkinan bahwa saya yang melakukan kesalahan atau tertimpa NASIB SIAL! harus kehilangan sejumlah uang yang bagi saya itu adalah jumlah yang sangat BESAR!!!!

Telepon masih tetap tersambung, saya sudah tidak peduli berapa besar pulsa yang saya habiskan hanya untuk meladeni “MASALAH” yang bukan urusan saya, dan juga bukan kesalahan saya. Saya kembali bertanya dan memastikan Apakah uang saya akan kembali ? kembali ditegaskan bahwa jawabannya adalah menunggu analisis data. Saya menyerah karena, saya merasa sudah menelpon dengan waktu yang sangat lama, tetapi tidak ada solusi yang cukup melegakan.

Saking bingungnya, saya lupa menanyakan nama ibu CS yang saya ajak bicara tersebut. Saya coba telpon kembali, dan tentunya harus terlebih dahulu melayani pesan sponsor “MESIN MAILBOX”-nya BNI, sebelum akhirnya saya diterima CS, kali ini seorang laki-laki. Saya sampaikan bahwa barusan saya menelpon IBU CS dan saya lupa menanyakan namanya, cukup ramah saya rasa saya menanyakan hal demikian. Tapi tiba-tiba, dengan agak kasar dia menanyakan identitas saya, lengkap, dan ada keperluan apa ? Saya gak terima dikatain begitu, saya yang sudah bersabar sejak tapi mulai tepancing emosi kemarahan yang amat sangat. Orang sekitar ATM mulai melihat saya, cukup lama saya berdebat dan akhirnya saya berikan juga identitas yang sebetulnya sudah saya sampaikan kepada ibu CS tadi.

Agak lama sepi tidak ada suara, akhirnya dia mengatakan bahwa “benar” keluhan saya sudah dicatat dan dilaporkan, dan akhirnya dia berikan nama Ibu CS tadi. Dan tak lupa dia sampaikan juga kata-kata yang kembali memancing emosi saya seperti kata EMPAT BELAS HARI KERJA” !, “KALO MEMANG ATM nya yang RUSAK !, dan kata “ITU PUN YANG PALING CEPAT DAN KALAU TIDAK ADA MASALAH DIBAGIAN TEKNISI ATM”!. Capek saya bicara, saya langsung tutup telepon dan duduk di pinggir ATM. Bingung.

Akhirnya saya pulang, dan saya jelaskan pada keluarga. Cukup sedih juga saat itu, dan saya tidak bisa tidur.

Besoknya, saya masuk kantor dan menceritakan pengalaman pahit saya kepada rekan-rekan kerja. Salah satu sahabat diantaranya merespon cukup baik dan signifikan bahwa laporan lewat telepon tidak akan pernah sampai dan tidak akan pernah diurus. Saya disarankan untuk segera melapor secara tertulis ke BNI Perintis Kemerdekaan Bandung. Tanpa menunggu lama, saya langsung ke tempat tersebut dan langsung menuju bagian pengaduan masalah ATM. Saya diterima cukup ramah, dan saya dimintai laporan secara tertulis. Setelah selesai, iseng saya tanya, apakah laporan saya kemarin malam sudah masuk atau diterima ? mereka menjawab, Tidak ada laporan mengenai masalah ATM kemarin malam.

Nah lo !!! jadi perjuangan nelpon tadi malam, gimana akhir cerita nya ??

Saya tanya lagi apakah uang saya bisa kembali ? mereka menjawab “Sebentar ya pak, saya periksa dulu data transaksinya. Tidak berapa lama, mereka menyampaikan kepada saya bahwa ini adalah kesalahan data jaringan, dan uang saya utuh akan dikembalikan paling lama LIMA HARI KERJA !.

Respon dari BNI perintis yang ramah dan memberi kepastian, membuat saya cukup lega dan saya pun mengucapkan terima kasih. Tiga hari kemudian, saya mendapat telepon bahwa uang saya sebesar satu juta rupiah telah dikembalikan secara utuh, saya langsung cek ATM dan memang benar, saldo telah dikembalikan sebesar satu juta rupiah.

Sejak saat itu, saya tidak pernah sembarangan melakukan transaksi lewat ATM. Sekarang saya selalu pilih-pilih ATM, mana yang sekiranya ATM yang tidak akan memberikan masalah. Bahkan, sejak saat itu hingga sekarang, saya tidak pernah menarik tunai malam hari. Tetapi selalu pada jam kerja bank, dan saya gunakan ATM tepat dilokasi Bank BNI jalan Perintis.

Itulah pengalaman pahit saya melakukan transaksi melalui ATM BNI , semoga tidak terjadi kepada nasabah BNI lainnya.

Bandung, Mei 2008.

28 Responses to “Pengalaman kehilangan uang di ATM bank BNI”

  1. tenia said

    wah, pak, masih mending uangnya kembali
    kalo’ ada perampok gimana? atau direkayasa sama orang jahat..
    syukurlah anda selamat, uangnya juga…
    mending kalo’ ngambil uang jangan malam hari… kecuali terpaksa
    pendapat bapak cukup bagus juga…

  2. abdillah said

    alhamdulillah

  3. ch2bi3 said

    uuuh lega buanget ya pak uangnya kembali…. emang rezeky tak kemana pak asal kia berusaha,,,

    Giamna pak kabarnya disana??? Qta disini pada kangen…
    sukses ya pak…!!!

  4. Syahrul said

    Sama pak, saya juga pernah mengalami hal yang sama di ATM BCA tapi setelah menunggu lama uang dikembalikan lagi kerekening. Memang lebih aman bertransaksi dengan teller, cuma yang gak tahan antriannya…

  5. Betul mas Syahrul,

    Memang paling aman transaksi sama teller,
    saya kemarin itu karena kemalaman dan saya sangat butuh uang
    makanya sy ambil di ATM. dan memang sebenarnya ATM itu untuk memudahkan bukan ??
    bukannya untuk menyusahkan ….
    ini yang terjadi malah begitu,
    jadi agak was-was sekarang kalo ambil uang di ATM

    Semoga ATM BNI sekarang gak seperti yang saya alami dulu …

  6. Nurul said

    pak, waktu melapor ke bank harus bawa buku tabungan nya nggak?

  7. Nurul said

    saya pengalaman pak, baru kemarin. uang saya juga 1 juta tiba2 gak ada

  8. Erwin said

    Dear mbak Nurul,
    Ya, saat itu saya bawa buku tabungan dan juga kartu ATM nya.

  9. Erwin said

    Sebaiknya segera melapor mbak. Bank BNI kinerja nya cukup baik.
    kalo memang kesalahan system atau uang mbak dicuri orang melalui internet banking,
    BNI akan menindaklanjutinya dengan baik.

  10. Nurul said

    saya udah melapor hari itu juga mas. tapi, rencana nya hari kerja saya mau melapor ke bank, tapi buku tabungan nya lupa nyimpen mas. kira2 gimana yah?

  11. Erwin said

    Gpp mbak nurul, bawa aja kartu atm pengganti buku bank. Yang penting melapor dulu ke bank, supaya lebih jelas dan langsung di tindaklanjuti.
    Setelah melapor, mbak bisa bawa buku bank nya besok2 kalo memang diperlukan atau diminta.

  12. Nurul said

    makasih banyak mas atas infonya. saya sedikit tenang. :)

  13. Erwin said

    Sama2 mbak nurul. Semoga uang nya bisa diperoleh kembali.

  14. amchy said

    paak saya juga mengalami hal yang sama, tapi apakah dibuku tabungan bapak terjadi pengurangan saldo juga? masih harap harap cemas nih pak uangnya bisa kembali atau tidak. tapi dari pihak bank katanya uangnya sih ada nanti dikembalikan

  15. Erwin Harahap said

    Dear Amcy,
    Di buku tabungan saya tercantum penarikan Rp. 1 jt saat itu sesuai dengan waktu kegagalan penarikan.
    Selama memang masalah itu terjadi karena kegagalan system, uang pasti kembali apabila kita segera melapor.
    Mudah2an semuanya lancar.

  16. danang said

    Saya juga mengalami hal yg sama, tepatnya tadi sore, karena saya mau melakukan penarikan uang dalam jumlah yang cukup besar yaitu 2 jt saya langsung ke menu pilihan penarikan jumlah lain, setelah saya memasukan nominalnya 2 jt, mesin atmnya gak mau jalan, cukup lama saya menunggu dan akhirnya keluar tulisan di layar TRANSAKSI ANDA DI BATALKAN dan seketika kartu atm saya keluar, dan pastinya saya bingung, saya ulang sekali lagi untuk mengecek saldo, tulisan itu kembali mucul. dan kemudian saya coba untuk melakukan penarikan langsung pada pilihan di awal, sebesar 1 jt, uang itu di proses dan keluar, Setelah itu saya shock karena saldo saya berkurang sebesar 3 jt, padahal saya cuma melakukan penarikan sebesar 1jt, Saya menjadi was was dengan uang saya yang hilang itu karena nominalnya lumayan besar. Besok pagi saya mau melakukan pengaduan ke BNI terdekat di daerah tempat tinggal saya.

  17. Erwin said

    Dear pak Danang,
    Semoga uang nya dapat segera kembali dengan utuh.
    Saya percaya BNI adalah Bank yang berdedikasi dan sudah sangat berpengalaman.
    Kegagalan transaksi karena sistem error akan tercatat di Bank BNI dan kesalahan penarikan semoga bisa segera dikoreksi dan dikembalikan.

    Erwin

  18. Yoga Wirayustrian said

    Just share,
    Pacar saya juga kehilangan uang pak sekitar 2 hari kemarin, dia gak ngerasa ngambil uang tiba2 waktu kemarin cek saldo uang di atm udh hilang semua 6jt100rb. Wktu td di cek ke bank ternyata ada penarikan sebesar 6jt100rb pada tgl 8 feb padahal hari itu dia gak kemana-mana dan kartu atm pun msh dia pegang. Ko bisa penarikan dalam 1 hari lebih dari 5juta? Sekarang lg nunggu di proses oleh pihak bank. Semoga uangnya bisa balik soalnya buat bayar kuliah

  19. Erwin said

    Salam Mas Yoga,
    Saya turut merasakan bagaimana rasa kecewa dan sakit hatinya, karena saya mengalaminya sendiri waktu itu.
    Semoga masalahnya bisa segera terselesaikan.

  20. Agus said

    pak, kejadiannya bener2 sama persis yang saya alami hari ini, 5 agustus 2014
    kebetulan saya pas gunain atm bni di spbu pinggiran kota, masalah muncul setelah nunggu uang keluar saat layar mesin atm isinya cuma tulisan semua (iklan kalo ga salah), saya tunggu lama banget, dan biasanya kalo pas bagian itu mesin atm akan ada suara mesin menanadakan mesin lagi ngambil duit mau dikeluarin, tapi ini mesinnya bener2 hening ga ada suara mesin ngambil duit
    dan kebetuluan yang antri atm ada 3 orang (masa balik libur lebaran spbu jadi rame), karena panik saya pencet2 tombol dan pas mencet cancel berhasil, otomatis kartu atm keluar tanpa struk dan UANG
    saya coba lagi dan ngecek saldo ternyata berkurang sesuai pengambilan pertama tadi…
    setelah ke costumer service dikasih alasan juga karena jaringan, sekarang massih nunggu informasi dari bank, semoga balik buat bayar uang kuliah ini…

    Dear Mas Agus,
    Saya turut prihatin atas peristiwa yang dialami. Saya tahu perasaan panik itu karena saya pernah mengalaminya sendiri. Insya Allah uang nya akan segera kembali.
    Saya yakin hanya masalah waktu saja, apalagi sudah dilaporkan dan telah dikonfirmasi bahwa penyebabnya adalah gangguan jaringan.
    Semoga dapat kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama.

    Salam.
    Erwin

  21. Sakti Ajit said

    Syukurlah bisa kembali,saya dengan masalah sama seperti yang anda hadapi sudah 10 hari belum kembali uang saya,pihak customer bni cuma janji2 dari yang awalnya 5 hari di tambah lagi 3 hari.nominal jga 1 juta.

    Dear pak Sakti,

    Betul pak, saya juga awalnya dijanji-janjikan begitu. Mulai dari 3 hari, tambah lagi 2 hari, dst, dst.
    Waktu itu ada teman sekantor saya yang menyemangati bahwa kalo memang udah lapor dan diperkirakan masalah jaringan,
    Insya Allah uang nya akan segera kembali.
    Berdasarkan dari situ, saya bersabar dan Alhamdulillah uang nya bisa kembali utuh, disertai permohonan maaf dari pihak BNI melalui telepon,
    saat memberitahukan bahwa telah terjadi kerusakan jaringan dan uang telah dikreditkan kembali ke rekening saya.
    Semoga uang nya dapat segera kembali ya pak.

    Salam,
    Erwin

  22. Syaifudin said

    Saya iseng untuk browsing permasalahan yang di alami istri saya sekitar 2jam yang lalu, persis seperti yang saudara Erwin alami transaksi di gagalkan tapi saldo berkurang. Jadi tinggal tunggu respond positif dari pihak BNI dan semoga hak istri saya bisa di kembalikan sepenuhnya.

    Salam pak Syaifudin.
    Saya turut prihatin dengan musibah yang dialami istri bpk.
    Mudah2an lancar dan uang dapat kembali utuh segera.

    Erwin

  23. Nulia said

    Z jg ad kesalahan 2hri yang lalu.. z mnarik uang sebesar 1 jt rupiah, uangX sdh kluar tp z tdk lihat krna terburu2. z bingung.. krna bru pertama kali menggunakan ATM BNI.. Z pikir uangX blum kluar.. jadi z pencet2 tombol2 lain.. stelah itu uangX z lihat masuk kembali.. dan kartu z jg tiba2 kluar… jadi z coba kembali.. z mnarik uang kembali sebesar 1 jt rupiah.. uangX kluar.. tp stelah z cek saldo.. saldoX berkurang 2 jt… tp smpai sekarang z blum melapor k pihak Bank.. Yang z herankan, knapa bsa uangX tertarik kembali ke AtM..?? bINGUNG aku..

    Salam mbak Nulia.
    Lebih baik segera lapor mbak,
    semoga saldo nya bisa kembali normal.

    Erwin

  24. reni said

    sama suami saya tadi siang ngambil uang lewat BNI
    gak tau Atm nya yg rusak atau gmn .. saldo 1,8 jadi 100ribu … kata nya seperti ini …
    aq narik 800 ribu trz gagal gak bisa trz ku ulangi lagi …
    ku tulis 800 dan dia klhatan lama di dalam ATM ku samperin dia di ATM trnyta lama kluar nya dan di dlm ku baca waktu tlah habis … alhasil ku suruh cansel sajha yah …
    dan pindah ke mandiri … trnyta saldo nya tidak cukup kaget lah kami ber dua … mau kami urus ini hari sabtu … harus nunggu besog senin … payah …
    gmn ini pak apa uang suami ku bisa balek

    Dear Ibu Reni,
    Semoga uang nya bisa kembali ya bu :)

  25. Rizqy Arafat said

    terima kasih pak, atas pemberi tauannya, soalnya saya baru aja dapet kejadian seperti itu didaerah dago, saya kira itu kenapa pak. pengen marah enggak enak. saya tadinya mau ambil uag 700ribu tapi malahan enggak keluar sama sekali pak, sama seperti kejadian bapak itu. saya sempat bingung soalnya saya mahasiswa pendatang yang jauh dari keluarga. katanya lapor ke nasabah banknya, tapikan besok minggu sama senin itu libur.

    terima kasih pak atas pemberi tauannya. semoga aja uang saya kembali lagi seperti semula pak.

    Dear Ibu Rizqy,
    Semua uang nya bisa kembali ya bu seperti semula.

  26. mulka said

    Baru2 ne saya dtelan kta transaksi setoran tunai lalu saya tekan selesai lalu saya tekan transfer dh tu sya tkan smbrngn teman2 kluar kertas tertulis idr 100000
    Idr 50000 pdhal tk ad no tujuan rek kmna uang sya lari nya y info a teman2

    Kontak BNI terdekat pak, mudah2an diberikan penjelasan tentang peristiwa yang bpk alami.
    dan mudah2an uang nya bisa kembali ya pak Mulka.

  27. aditia said

    Kalau saya kasusnya di mesin atm setor tunai. Uang sebesar 1jt pecahan 50rb semua sudah saya masukan. Tiba2 saat diproses muncul tulisan “transaksi dibatalkan silahkan ambil uang anda kembali”. Tp saat mesin terbuka yg keluar cuma selembar uang 50rb.uangnya tdk saya ambil, lalu mesin tertutup lagi,dan kartu atm keluar. Setelah itu saya masukkan lg kartu atm nya,dan ternyata saldo gak nambah, saya sudah lapor ke kantor bni cabang, dan skrg masih dlm proses menunggu 14hari.

  28. Banar pramilo said

    Maaf pak kejadian bapak sama persis seperti saya hari ini tpi hari sabtu dan minggu kantor cabang bni kan tutup klo senin kelamaan ngk pak dan jugak sewaktu sya telfon call center bni jawabannya bertele tele jadi saya sudah ngk sabar kira kira klo senin laporannya terlalu lama ngk yaa

Leave a Reply

 
