Erwin Harahap

do Now or Never

Mati listrik lagi …….

Posted by Erwin on November 26, 2008

Sore ini saya dapet kabar dari rumah, Indonesia, kata mantan pacar ku, anak-anak ku pada ngambek lantaran listrik mati terus.Sejak mulai musim hujan sebulan yang lalu, Listrik di rumah selalu nyala mati.
Ya mau gimana lagi anak-anaku sayang ,,,,
bersabarlah ….
mungkin sebentar lagi juga nyala ……

begitu biasanya mama nya menentramkan anak-anak ku …
tiap menit tiap detik mereka tunggu ….
kapankan gerangan listrik akan nyala…
buat main games di komputer atau nonton film kartun kesayangan mereka,
Tapi ya dasar anak-anak, mereka tidak tahu darimana datang nya listrik
bagaimana susah payahnya negara kita menyebarkan listrik ke banyak daerah
Apalagi sekarang sedang musim hujan ….
Praktis, dirumah ku di sekitar Permata Biru Cileunyi Bandung, jawa barat, Indonesia,
Kalo hujan, listik pasti mati,
gak peduli mau hujan besar, kecil, sedang, pokoknya hujan deh ….
hujan duit aatau hujan lokal gak termasuk ya …. :D
Listrik pasti mati …. halah …..

Nah kenapa listrik selalu mati …
Jawabannya macam2 ….
Saya bukan ahli di bidang itu,
tapi pemerintah yang nota bene pemegang satu2 nya perusahaan listrik
di negeri Tercinta Indonesia, mengatakan kalo kita harus Hemat listrik …
“KITA” yang dimaksud memang sangat abstrak ….
saya biasa menerjemahkan kalo kata “KITA” itu berarti masyarakat kecil yang
harus nurut patuh sama pemerintah … ya termasuk saya ini …
mereka slain “KITA” yang dimaksud ya gak peduli
mau pake listrik seabreg apapun ….. gak peduli …. yg penting gw asik …

Alasan lain, apa karena kabel nya kena air jadi mati,
kayak hp ceburin ke bak air kan pasti mati,
begitulah kali listrik di negri kita
hujan sedikit mati … masalahnya karena kena Air itu ,,,,,,
halah …..

Nah, bukannya saya mau membandingkan,
tapi berhubung saya sedang berada di Jepang saat ini,
mau gak mau, saya jadi ikut berfikir,
Kenapa ya kita gak bisa seperti jepang
Memang sih perbandingan kelasnya terlalu jauh….
Negara Maju dengan negara berkembang …

Tapi kalo memang mau maju,
mestinya kita gak malu untuk membandingkan
Selama memang tujuannya baik dan bermaksud untuk memberi semangat buat maju
jadi jangan dibandingkan sedikit terus tersinggung ,,,,, hehe …

Saya baru 3 bulan disini
Saya sedah sedikit keliling jepang
dan Umumnya di malam hari, Baik di kota besar maupun pinggiran kota,
Jepang selalu hingar bingar listrik
Malam hari selalu terang
banyak mesin minuman (Vending machine) 24 jam nyala dan membutuhkan daya listrik yang tidak sedikit.
banyak Convini … waduh kali saya salah nulis ya ,,,,
mohon koreksinya deh ….
Convini itu maksudnya Convanion Mini Store, yang buka 24 jam dan membutuhkan daya listrik yang cukup besar
dan ini tersebar di seluruh jepang
Nah katakanlah mereka sangat rakus listrik
Tapi, sudah 3 bulan saya disini
saya belum pernah merasakan mati listrik …
Mau hujan, badai topan, apapun, listrik tetap jalan …..

Kenapa ya ….
Koq mereka bisa begitu ,,,,
dan hebatnya,
Walapun mereka punya cadangan listrik yang sangat besar,
Teknologi mereka di berbagai bidang
diarahkan untuk berhemat listrik …

Nah anak-anak ku ….
Dimasa depan, bangkitkan lah kemampuan listrik negri kita
seperti Jepang atau bahkan labih tinggi lagi …
Generasi yang sekarang mungkin sudah tidak mampu memperbaikinya …
Giliran kalian ….
Ciptakan masa depan yang lebih baik ….

Ayah tidak bisa memberikan dunia yang lebih baik saat ini
tetapi ayah akan berikan bekal ilmu dan gambaran bagaimana dunia yang lebih baik
Untuk kalian bangun dimasa depan …

***

Tokyo, Japan.
26 November 2008

One Response to “Mati listrik lagi …….”

  1. feriyadi said

    cara pengolahan listriknya mungkin berbeda jauh ya…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: