Erwin Harahap

do Now or Never

Tetaplah menjadi manusia

Posted by Erwin on November 30, 2008

Hari ini saya dapet pesan messenger dari sobat dekat banget ….
Namanya mas Agung Trisetyarso , ngajakin ngobrol di warung kopi

Saya pikir, rasanya suntuk juga seharian di Lab Design Engineering nya WestLab Keio University,
Singkat cerita, setengah jamkemudian, Jam 19.30 kita ketemu di Starbucks Coffee Japan, dekat
Stasiun kereta Hiyoshi, Yokohama.

setelah ngobrol sana sini, saya tanya ..
Mas, koq tumben, pengen ngobrol offline …. kenapa ….

dia bilang ….
“Oohh … udah 3 hari saya gak ngobrol sama orang …”

Loh, di YM kan kita sering OL, blom lagi debat ria di millist …

“Ooo … itu beda ….. saya harus ketemu orang hari ini”,
“Saya masih ingin tetap jadi Manusia …… ”

Ooo … itu rupanya ,,,,,
Perasaan saya gak ingat selama seminggu ini ketemu siapa aja ya …
Tapi yang diajak ngobrol banyak banget ….
ya lewat Internet …..
Apakah saya masih menjadi Manusia ???

Hidup di jepang, memang banyak tantangan, terutama bagi mereka yang sedang kuliah atau sedang sibuk2 nya kerjakan penelitian. Tiada hari tanpa research ….

Begitulah, minimal setiap satu minggu satu kali, selalu ada meeting untuk melihat progres dari masing-masing member, terutama kalo researchnya sedang dibiayai perusahaan jepang,
ada perkembangan setidaknya seminggu sekali … Itu wajib !!!
kalo tidak …..

Nah itulah kenapa, disetiap dormitory atau apartement,
kita dikasih akses internet super cepat dan unlimited,
maksudnya ya itu …. biar mudah ngakses informasi dan komunikasi,
jadi gak ada lagi alesan internet lambat, atau bukunya sulit dicari ….
Semuanya ada disitu, yang penting jangan males …..
Cara jitu untuk menghilangkan salah satu budaya yang dibawa dari Indonesia,
Walhasil … Bangun pagi setelah sholat subuh,
nyalain komputer buka email, akses koran indonesia, dan luar negeri …
ada berita apa hari ini …
buka file kerjaan kemarin, cari ide, baca ebook,
buka messenger, berharap ada yang kontak …
jam 10 berangkat ke kampus, masuk lab …
nyalain lagi komputer, buka email, buka file kemarin, akses internet … update …
sholat, makan siang, masuk lab lagi, … internte lagi … update lagi …
malam jam 10an pulang,
masuk rumah, nyalain komputer, internet lagi …. update lagi …..
kadang ketiduran jam 01, komputer masih nyala ….
nanti pagi bangun lagi ….. internet lagi .. update lagi …
Hari ini, Minggu 30 Nopember 2008,
Perasaan kemarin masih hari senin deh ….
Ini udah akhir november ya …… halah ….
Perasaan baru kemarin saya mendarat di Narita,
Tak terasa, sudah 3 bulan saya disini,

Ternyata memang benar …. Waktu berjalan sangat cepat …

Demi Waktu …
Semoga saya tidak termasuk orang-orang yang berada dalam kerugian …
(Al-Ashr 103:1-3)

***

Yokohama, 30 November 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: