Erwin Harahap

do Now or Never

Minyak Kelapa Murni Merupakan Suplemen Masa Kini

Posted by Erwin on March 10, 2011

Oleh:
Nuni Nurjanah dan Annisha Imania
Program Studi Farmasi
Universitas Islam Bandung
2011

Abstrak

Selama ini orang menghindari konsumsi asam lemak jenuh karena dianggap berbahaya bagi kesehatan. Tidak semua asam lemak jenuh berbahaya untuk kesehatan. Jenis asam lemak rantai sedang atau Medium Chain Fatty Acyd (MCFA) sangat baik untuk kesehatan. Salah satu bahan pangan yang kaya akan MCFA adalah Virgin Coconut Oil (VCO). Virgin Coconut Oil atau VCO adalah minyak yang dihasilkan dari buah kelapa segar. Berbeda dengan buah kelapa biasa, VCO dihasilkan tidak melalui penambahan bahan kimia atau pun proses yang melibatkan panas yang tinggi. Selain warna dan rasa yang berbeda, VCO mempunyai asam lemak yang tidak terhidrogenasi seperti pada minyak kelapa biasa. VCO menjadi populer karena manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan VCO banyak mengandung asam lemak rantai menengah (Medium Chain Fatty Acyd/MCFA ). Sifat MCFA yang mudah di serap sampai ke mitokondria akan meningkatkan metabolisme tubuh. Penambahan energi yang dihasilkan oleh metabolisme itu menghasilkan efek stimulasi dalam seluruh tubuh manusia sehingga meningkatkan tingkat energi yang dihasilkan. MCFA yang terkandung dalam VCO adalah asam laurat (laurat acyd). Manfaat lain dari VCO diantaranya adalah peningkatan daya tahan terhadap penyakit serta mempercepat penyembuhan penyakit. Manfaat tersebut ditimbulkan dari peningkatan metabolisme dari penambahan energi yang dihasilkan, sehingga mengakibatkan sel-sel dalam tubuh bekerja lebih efesien. Mereka membentuk sel-sel baru serta mengganti sel-sel rusak yang lebih cepat. VCO dalam tubuh menghasilkan energi saja tidak seperti minyak sayur yang beerakhir di dalam  tubuh sebagai energi, kolesterol, dan lemak.

Pendahuluan

Belakangan ini banyak suplemen-suplemen yang dijual di apotik meupun toko-toko. Suplemen-suplemen ini tentu saja banyak mengandung zat kimia sintetis. Bahan kimia sintetis kurang baik untuk tubuh. Karena yang alami tetap saja lebih baik dari yang buatan manusia.

Tetapi karena sebagian orang tidak menyukai obat tradisional seperti jamu, maka diteliti dan dibuatlah Virgin Coconut Oil ini. Virgin Coconut Oil atau VCO adalah minyak yang dihasilkan dari buah kelapa segar. Berbeda dengan minyak biasa. VCO dihasilkan tidak melalui penambahan bahan kimia atau pun proses yang melibatkan panas yang tinggi sehingga lebih baik untuk tubuh.

VCO dapat meningkatkan daya tahan terhadap penakit serta mempercepat penyembuhan. Manfaat tersebut ditimbulkan dari peningkatan metabolisme dari penambahan energi yang dihasilkan, shingga mengakbatkan sel-sel dalam tubuh bekerja lebih efisien. Mereka membentuk sel-sel baru serta mengganti sel-sel rusa dengan lebih cepat. Manfaat ini sangat cocok bila Virgin Coconut Oil dijadikan suplemen masa kini.

Tinjauan dari Konsep Sains

Virgin Coconut Oil (VCO) sering disebut juga sebagai minyak kelapa murni. Penyebutan nama pada minyak kelapa jenis ini dengan penambahan atribut “murni” mengindikasikan terdapatnya beberapa perbedaan pada penampakan, sifat fisik, dan prinsip proses pengolahannya terhadap jenis minyak kelapa biasa. Warna minyak kelapa murni ini relatif lebih bening dan tak berwarna apabila dibandingkan dengan  minyak biasa . Kadar air dalam minyak kelapa murni yang rendah menyebabkan minyak ini tidak mudah berbau tengik. Kandungan kimiawi yang berbeda dengan minyak kelapa biasa, menyebabkan sifat khas dari minyak kelapa murni. Hal ini disebabkan kandungan asam jenuh (rantai pendek dan medium) yang tinggi. Asam lemak jenuh  (rantai pendek dan medium) yang tinggi. Asam lemak jenuh ini memiliki potensi kegunaan yang sangatbesar baik bagi dunia keseatan, industri farmasi, kosmetika maupun sebagai pendukung industri pangan.

Karena tidak menggunakan pemanasan yang tinggi, maka kandungan asam lemak trans menjadi tidak ada, sedangkan kandungan asam laurat yang tinggi menyebabkan VCO bersifat anti bakteri. Komoditas VCO masih belum terpublikasikan secara luas sehingga standar produknya masuh belum dikenal umum seperti minyak kelapa biasa.

Minyak Kelapa (Cocus nutrifera) adalah minyak yang paling sehat dan yang paling aman dibandingkan dengan minyak goreng golongan minyak sayur seperti minyak jagung, minyak kedelai, minyak biji bunga matahari dan canola. Virgin Coconut Oil atau VCO merupakan minyak kelapa yang diperoleh dengan tidak melibatkan bahan kimia ataupun panas yang tinggi. Spesifikasi VCO yang umum di pasaran dapat terlihat pada tabel dibawah.


One Response to “Minyak Kelapa Murni Merupakan Suplemen Masa Kini”

  1. excellent data. i have had my area for about 8 weeks and it does not show up in google.. all of my one way links do, well only some as of recently, the rest dont seem to be showing.. i possess inquired for a recinlusion and these folks have not produced it clear no matter if they were banned or not, however my sitemap and all my pages say that they are indexed but even now do not display to up.. its very difficult to say which is heading on.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: