Erwin Harahap

do Now or Never

Komentar mengenai situs www.brainly.co.id

Posted by Erwin on September 8, 2015

math9Berawal dari pertanyaan seorang terman dari fan group kami saat kuliah dulu-dulu. Kami saling berbagi cerita dan pertanyaan. Salah satunya adalah mengenai pertanyaan soal-soal PR putra-putri mereka.

Ada yang menarik dari salah satu pertanyaan teman, karena soal matematika dari PR putra nya menjadi perbicangan yang menarik. Kami menyangkal sebuah jawaban seorang “Pakar” yang belakangan terlacak bahwa jawaban tersebut diperoleh dari situs www.brainly.co.id.

Kami semua adalah alumni Jurusan Matemaika dari salah satu kampus Negeri di Bandung. Jawaban seorang “Pakar” ini terus terang agak menggelitik kami, karena perjuangan kami belajar matematika selama kurang lebih 5 tahun, kami merasa belum bisa memperoleh sebutan atau gelar “Pakar”, karena kami sadari bahwa sebutan atau gelar tersebut hanyalah pantas disanding oleh orang-orang sekelas Albert Einstein, Bernhard Riemann, Leonhard Euler, W.R Hamilton, dan lain-lain.

Nah mulailah saya menelusuri, siapa pakar ini sebenarnya, dan saya ingin berdiskusi mengenai jawaban para “Pakar” ini yang ternyata tidak satu orang, beberapa “Pakar” yang lain juga memberikan jawaban yang kurang lebih sama aneh nya. Namun sayang nya hingga tulisan ini saya buat, saya belum menerima respon apa pun.

math6-1

Komentar saya tersebut diatas berawal dari penelusuran saya mengenai soal yang mirip teman pertanyaan teman saya diatas.math12math12

Saya penasaran juga siapa si “Pakar” ini. Belakangan diketahui bahwa istilah ini hanyalah tingkat atau level yang diberikan oleh brainly berdasarkan pada jumlah jawaban yang diberikan atau disumbangkan. Sama sekali tidak ada urusan dengan tingkat keahlian si pakar tersebut dalam menjawab soal atau validitas jawaban yang diberikan. Jadi dengan kata lain bahwa solusi yang diberikan pada brainly.co.id tidak mutlak benar dan sebaiknya dikomunikasikan kembali dengan guru mata pelajarannya di sekolah.

math13

Tidak ada yang salah dengan pe-level-an peringkat ini. Hanya saja pendapat saya pengenai titel “Pakar” ini koq rasanya terlalu berlebihan ya, karena istilah “Pakar” sudah memiliki arti menyempit, sebagai orang yang “benar-benar ahli” di bidangnya. Titel yang lain sudah cukup sesuai menurut saya karena pas dengan para user yang terlibat didalam nya yang umumnya adalah para siswa / atau pelajar. Bukan guru, dosen, professor, guru besar, dan sebagainya, walau mungkin juga ada sebagian kecil dari mereka yang ikut serta memberikan sumbangsih atas kebingungan yang dihadapi oleh para pelajar.

Saran saya untuk brainly.co.id, cobalah ganti level “Pakar” ini dengan yang lain yang lebih gaul. Misalnya diganti dengan level “Si Pintar” atau “si Pandai” atau yang lainnya. Istilah “Pakar” hanyalah pantas disematkan kepada mereka yang memang sudah benar-benar ahli di bidangnya semisal pak Habibie atau pakar lainnya di Indonesia.

Hal lain yang menarik untuk disimak adalah mengenai pertanyaan-pertanyaan para siswa yang terakadang membuat saya mengelus dada. Ada Pertanyaan yang diajukan karena mereka kesulitan menemukan solusinya, tetapi banyak juga pertanyaan yang cenderung “Menyuruh” para contributor untuk mengerjakan PR-PR mereka seenaknya. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

Tipe orang-orang maksa:

math16

Tipe tukang nyuruh-nyuruh. Kelihatan kalo di rumahnya dia tukang nyuruh2 orang tua nya beresin semua urusan dia.

math17

Tipe pemalas yang di kasih PR sama gurunya cuman males ngerjain. Tipe ini cocok banget nih jadi pejabat di Indonesia.

math18

Yang nyuruh bikinin soal. Bukan tanya kebingungan soal.

math19

Saya sangat tertarik untuk juga ikut terlibat turut serta memberikan sumbangsih atas pertanyaan-pertanyaan yang ada dan cukup menarik atau menantang untuk dicarikan solusinya. Namun ada juga yang agak membuat kesal karena kelihatan sikap malas nya dan ogah-ogahan dalam mengerjakan PRmath14

Ada juga beberapa siswa yang tidak tahu terima kasih atau mungkin tidak peduli. Yang terjadi malah meng-klik tombol “Tidak suka”, tidak puas atau melakukan pelanggaran. Apa mungkin karena mereka masih anak-anak ya, yang penting PR-PR mereka selesai dengan lengkap. Copy paste!. Kita sudah berkorban waktu, tenaga, pulsa, listrik, kesabaran, dll dll, yang terima adalah laporan pelanggaran. Miris dah.

math15

Above of all, tentunya, situs brainly.co.id sangatlah berbeda dan mampu memberikan warna tersendiri sebagai sebuah media sosial terpelajar. Berbeda dengan situs media sosial lainnya yang lebih mengedepankan pamer-pamer kehidupan pribadi, atau teriak-teriak bahwa dia sedang bosen, galau, stress, dsb. Saya sangat appresiasi dengan muncul nya situs ini sebagai media yang menjebatani pemahaman materi pelajaran sekolah yang tidak bisa dimengerti saat dikelas. Komunikasi antar user atau pengguna dimana saling memberikan pengetahuan satu sama lain. Juga dengan adanya dukungan para moderator brainly.co.id yang sejauh pemantauan saya, mereka selalu online dan bekerja keras untuk menjawab sebagian besar pertanyaan atau soal-soal yang cukup sulit, dan juga memonitor berbagai jawaban yang barangkali memerlukan perbaikan, atau me-remove banyak spam yang kurang baik atau tidak pantas tercantum dalam situs brainly. Salam salut saya untuk para Moderator brainly.

Singkatnya adalah, yang mengerti matematika namun tidak paham mengenai sejarah, dapat bertanya kepada temannya yang pandai dalam mata pelajaran sejarah. Sebaliknya dia bisa memberi bimbingan pada temannya yang kurang memahami mengenai mata pelajaran matematika. Bukankan ini briliant? Semoga situs sejenis yang dapat meningkatkan mutu generasi muda bangsa semacam brainly.co.id ini, dapat lahir dan ikut menyemarakkan perbaikan generasi muda bangsa demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Yokohama, 8 September 2015.

One Response to “Komentar mengenai situs www.brainly.co.id”

  1. sprei anak said

    banyak cara :) terimakasih ilmunya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: